Senin, 25 Desember 2017

GURU BIDANG STUDI ( ENGLISH ) - INTERNATIONAL ISLAMIC EDUCATION COUNCIL, PT

Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 26 Dec 2017 01:43:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 26 Dec 2017 01:43:00

kunjungi sumber

Budayakan Kembali Dongeng Pada Anak

KAMPUNG Dongeng menggelar Parade Dongeng yang dihadiri sekitar 100 siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) beserta para orang tua di Jln. Bapa Ampi RW 3 Kel. Baros Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi.(pikiran-rakyat.com)

RELAWAN  Nusantara Bandung bekerjasama dengan Rumah Zakat (RZ) menggelar acara Indonesia Mendongeng di Auditorium Museum Geologi, Bandung pada Senin (25/12).

Acara yang berlangsung cukup meriah ini, dihadiri oleh ratusan anak-anak TK se-Kota Bandung. Indonesia Mendongeng menghadirkan dua orang pendongeng, yakni Kak Ami Ori dan Bunda Dewi.
Saat acara berlangsung, anak-anak seusia TK ini tampak senang dan menikmati betul suasana libur panjang bersama keluarga tercintanya ini. Acara dimulai pukul delapan pagi hingga pukul 12 siang dan berlangsung cukup meriah.
Ketua Pelaksana, Indonesia Mendongeng, Achmad Taufik Ismail mengatakan, tujuan dari acara Indonesia Mendongeng adalah, untuk mengedukasi dan mengingatkan kembali kepada masyarakat khususnya orang tua, bahwa mendongeng ini cukup penting bagi anak-anak. Pasalnya, saat ini tak sedikit masyarakat yang hampir melupakan kegiatan mendongeng seperti ini.
“Di zaman sekarang kan banyak anak-anak itu fokus terhadap gadget-nya, nah melalui acara ini kami ingin membudayakan kembali dongeng itu sendiri kepada orang tua. Mendongeng itu seru loh,” kata Achmad kepada INILAH, Senin (25/12).
Menurutnya, Indonesia Mendongeng tidak hanya digelar di Kota Bandung saja, acara yang digelar setiap tahunnya ini, serentak digelar di beberapa kota besar yang ada di tanah air. Seperti, Aceh, Medan, Batam, Pekanbaru, Batam, Palembang, Lampung, Cilegon, Jakarta, Sukabumi, Indramayu, Solo, Malang, Sorong dan lainnya.
“Iya jadi acara ini kita gelar setiap tanggal 25 Desember. Acaranya udah yang kelima kalinya kita gelar,” ujarnya
Dia berharap, melalui acara ini orang tua bisa terus membudayakan dongeng kepada anak-anaknya, sehingga ada interaksi antara anak dan orang tuanya itu sendiri.
“Kegiatan ini hadir untuk membangun kembali semangat mendongeng kepada orang tua bagi anak-anaknya,” tambahnya.(inilahkoran.com)


from Siap Belajar http://ift.tt/2DdFxj4
via IFTTT

KAMPUNG Dongeng menggelar Parade Dongeng yang dihadiri sekitar 100 siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) beserta para orang tua di Jln. Bapa Ampi RW 3 Kel. Baros Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi.(pikiran-rakyat.com)

RELAWAN  Nusantara Bandung bekerjasama dengan Rumah Zakat (RZ) menggelar acara Indonesia Mendongeng di Auditorium Museum Geologi, Bandung pada Senin (25/12).

Acara yang berlangsung cukup meriah ini, dihadiri oleh ratusan anak-anak TK se-Kota Bandung. Indonesia Mendongeng menghadirkan dua orang pendongeng, yakni Kak Ami Ori dan Bunda Dewi.
Saat acara berlangsung, anak-anak seusia TK ini tampak senang dan menikmati betul suasana libur panjang bersama keluarga tercintanya ini. Acara dimulai pukul delapan pagi hingga pukul 12 siang dan berlangsung cukup meriah.
Ketua Pelaksana, Indonesia Mendongeng, Achmad Taufik Ismail mengatakan, tujuan dari acara Indonesia Mendongeng adalah, untuk mengedukasi dan mengingatkan kembali kepada masyarakat khususnya orang tua, bahwa mendongeng ini cukup penting bagi anak-anak. Pasalnya, saat ini tak sedikit masyarakat yang hampir melupakan kegiatan mendongeng seperti ini.
“Di zaman sekarang kan banyak anak-anak itu fokus terhadap gadget-nya, nah melalui acara ini kami ingin membudayakan kembali dongeng itu sendiri kepada orang tua. Mendongeng itu seru loh,” kata Achmad kepada INILAH, Senin (25/12).
Menurutnya, Indonesia Mendongeng tidak hanya digelar di Kota Bandung saja, acara yang digelar setiap tahunnya ini, serentak digelar di beberapa kota besar yang ada di tanah air. Seperti, Aceh, Medan, Batam, Pekanbaru, Batam, Palembang, Lampung, Cilegon, Jakarta, Sukabumi, Indramayu, Solo, Malang, Sorong dan lainnya.
“Iya jadi acara ini kita gelar setiap tanggal 25 Desember. Acaranya udah yang kelima kalinya kita gelar,” ujarnya
Dia berharap, melalui acara ini orang tua bisa terus membudayakan dongeng kepada anak-anaknya, sehingga ada interaksi antara anak dan orang tuanya itu sendiri.
“Kegiatan ini hadir untuk membangun kembali semangat mendongeng kepada orang tua bagi anak-anaknya,” tambahnya.(inilahkoran.com)


from Siap Belajar http://ift.tt/2DdFxj4
via IFTTT

Perketat Fungsi Kontrol Agar Buku Ajar tak ‘Kecolongan’

Ilustrasi: buku pelajaran kurikulum 2013. (Foto: dok. Kemendikbud)

HEBOH  konten buku pelajaran yang tak sesuai, mengandung unsur SARA, atau yang dinilai kurang etis sudah beberapa kali bermuncul. Sederat nama-nama penerbit buku pun bermunculan yang terlibat dalam pengadaaan buku tersebut. Yang terayar di penghujung tahun ini, adalah di Buku IPS terbitan Yudhistira terkait penulisan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Pengamat pendidikan M Abduhzein mengatakan, soal isi buku tersebut, harusnya Kemendikbud selaku pengawas melakukan seleksi yang lebih ketat lagi. “Yang perlu dilihat dari sebuah buku sebenarnya bukan hanya isi atau konten tapi juga penulisan, tingkat terbaca, juga desain dan psikologi buku,” ujar Abduhzein. Psikologi buku yang dimaksud adalah bagaimana sebuah buku dibuat dengan mengaitkan dengan tingkat perkembangan psikologi anak.

Permasalahan mengenai buku paket yang memang perlu dilihat dari dunia pendidikan adalah isi atau konten bukunya. Konten buku perlu diperhatikan karena buku tersebut dijadikan acuan ilmu bagi siswa-siswi yang ada.

Mengenai pengawasan isi dari buku paket, semua pihak sepakat hal tersebut berada di bawah tanggung jawab Pusat Perbukuan dan Kurikulum (Pusbukkur) yang menjadi salah satu bagian unit kerja Kemendikbud. Anggota DPR yang berada di Komisi X, Ledia Hanifa Amaliah menyatakan Kemendikbud memiliki sebuah bidang pusat buku yang berfungsi mengontrol dan menyiapkan bahan dasar buku yang menjadi pegangan berbasis kurikulum yang berlaku. “Seharusnya Pusbukkur mengontrol keseluruhan terkait buku dan isinya,” ujarnya.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Bowo Irianto mengamini soal perlunya pengawasan dan kontrol yang ketat di bidang perbukuan. Dia menyatakan, memang ada tim tersendiri yang melakukan telaah, kajian, dan mengoreksi serta mengevaluasi isi buku yang diterbitkan.

“Setelah buku melewati pengawasan dari pusat perbukuan dan dinyatakan lolos barulah buku bisa di jual secara sah dan di jual melalui BSE (Buku Sistem Elektronik, Red) tersebut. Disdik tidak berhak melakukan pengawasan karena posisi kita hanya sebagai useryang membeli buku yang tersedia,” ujar Bowo.

Leidia Hanifa menyetujui pernyataan Abduhzein mengenai pengawasan yang kurang ketat. Hanifa merasa kasus yang muncul terkait buku IPS tersebut, adalah akibat dari minimnya kontrol. Akhirnya, kesalahan tersebut baru bisa diungkap beberapa saat kemudian.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), melalui salah satu anggota komisionernya, Retno Listyarti juga menyatakan bahwa Kemendikbud melalui Pusbukkur adalah badan yang tepat dan bertanggung jawab menilai buku pelajaran sebelum digunakan oleh peserta didik. Dia menyatakan KPAI hanya bisa mendorong pemerintah untuk meningkatkan pengawasan yang ada. KPAI tidak bisa berkomentar untuk urusan yang bukan kewenangannya. “KPAI hanya bisa mendorong pemerintah untuk meningkatkan pengawasan terkait penilaian buku pelajaran yang layak,” ucap Retno.

Untuk kasus penulisan Yerusalem sebagai ibu kota Israel kemarin saja, dia mengatakan, KPAI hanya bisa sebatas memanggil pihak penerbit untuk menanyakan klarifikasi kasus tersebut dan meminta pihak penerbit merevisi isi buku tersebut.
Sementara itu, Abduhzein memberikan masukan kepada pemerintah mengenai buku paket yang bermasalah tersebut. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah pemerintah membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk pelaporan kasus serupa.

“Kedua secara internal Kementerian bisa menerbitkan kembali mekanisme dan praktik dalam menyeleksi buku yang akan diterbitkan. Ketiga dari sisi hukum jika ada pelanggaran, dicari siapakah sumbernya,” ujar Abduhzein.

Pengamat tersebut menyatakan hukuman yang diberlakukan bisa dilihat dari tingkat kesalahannya. Hukum yang diberlakukan tidak bersifat tunggal dan dilihat skalanya. “Dilihat siapa yang melakukan kesalahan, mengapa bersalah, dan seterusnya,” ucapnya.(republika.co.id)



from Siap Belajar http://ift.tt/2DbA9gE
via IFTTT

Ilustrasi: buku pelajaran kurikulum 2013. (Foto: dok. Kemendikbud)

HEBOH  konten buku pelajaran yang tak sesuai, mengandung unsur SARA, atau yang dinilai kurang etis sudah beberapa kali bermuncul. Sederat nama-nama penerbit buku pun bermunculan yang terlibat dalam pengadaaan buku tersebut. Yang terayar di penghujung tahun ini, adalah di Buku IPS terbitan Yudhistira terkait penulisan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Pengamat pendidikan M Abduhzein mengatakan, soal isi buku tersebut, harusnya Kemendikbud selaku pengawas melakukan seleksi yang lebih ketat lagi. “Yang perlu dilihat dari sebuah buku sebenarnya bukan hanya isi atau konten tapi juga penulisan, tingkat terbaca, juga desain dan psikologi buku,” ujar Abduhzein. Psikologi buku yang dimaksud adalah bagaimana sebuah buku dibuat dengan mengaitkan dengan tingkat perkembangan psikologi anak.

Permasalahan mengenai buku paket yang memang perlu dilihat dari dunia pendidikan adalah isi atau konten bukunya. Konten buku perlu diperhatikan karena buku tersebut dijadikan acuan ilmu bagi siswa-siswi yang ada.

Mengenai pengawasan isi dari buku paket, semua pihak sepakat hal tersebut berada di bawah tanggung jawab Pusat Perbukuan dan Kurikulum (Pusbukkur) yang menjadi salah satu bagian unit kerja Kemendikbud. Anggota DPR yang berada di Komisi X, Ledia Hanifa Amaliah menyatakan Kemendikbud memiliki sebuah bidang pusat buku yang berfungsi mengontrol dan menyiapkan bahan dasar buku yang menjadi pegangan berbasis kurikulum yang berlaku. “Seharusnya Pusbukkur mengontrol keseluruhan terkait buku dan isinya,” ujarnya.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Bowo Irianto mengamini soal perlunya pengawasan dan kontrol yang ketat di bidang perbukuan. Dia menyatakan, memang ada tim tersendiri yang melakukan telaah, kajian, dan mengoreksi serta mengevaluasi isi buku yang diterbitkan.

“Setelah buku melewati pengawasan dari pusat perbukuan dan dinyatakan lolos barulah buku bisa di jual secara sah dan di jual melalui BSE (Buku Sistem Elektronik, Red) tersebut. Disdik tidak berhak melakukan pengawasan karena posisi kita hanya sebagai useryang membeli buku yang tersedia,” ujar Bowo.

Leidia Hanifa menyetujui pernyataan Abduhzein mengenai pengawasan yang kurang ketat. Hanifa merasa kasus yang muncul terkait buku IPS tersebut, adalah akibat dari minimnya kontrol. Akhirnya, kesalahan tersebut baru bisa diungkap beberapa saat kemudian.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), melalui salah satu anggota komisionernya, Retno Listyarti juga menyatakan bahwa Kemendikbud melalui Pusbukkur adalah badan yang tepat dan bertanggung jawab menilai buku pelajaran sebelum digunakan oleh peserta didik. Dia menyatakan KPAI hanya bisa mendorong pemerintah untuk meningkatkan pengawasan yang ada. KPAI tidak bisa berkomentar untuk urusan yang bukan kewenangannya. “KPAI hanya bisa mendorong pemerintah untuk meningkatkan pengawasan terkait penilaian buku pelajaran yang layak,” ucap Retno.

Untuk kasus penulisan Yerusalem sebagai ibu kota Israel kemarin saja, dia mengatakan, KPAI hanya bisa sebatas memanggil pihak penerbit untuk menanyakan klarifikasi kasus tersebut dan meminta pihak penerbit merevisi isi buku tersebut.
Sementara itu, Abduhzein memberikan masukan kepada pemerintah mengenai buku paket yang bermasalah tersebut. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah pemerintah membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk pelaporan kasus serupa.

“Kedua secara internal Kementerian bisa menerbitkan kembali mekanisme dan praktik dalam menyeleksi buku yang akan diterbitkan. Ketiga dari sisi hukum jika ada pelanggaran, dicari siapakah sumbernya,” ujar Abduhzein.

Pengamat tersebut menyatakan hukuman yang diberlakukan bisa dilihat dari tingkat kesalahannya. Hukum yang diberlakukan tidak bersifat tunggal dan dilihat skalanya. “Dilihat siapa yang melakukan kesalahan, mengapa bersalah, dan seterusnya,” ucapnya.(republika.co.id)



from Siap Belajar http://ift.tt/2DbA9gE
via IFTTT

Redistribusi Guru Dimulai 2018

guru honorer SM3T(psmk.kemdikbud.go.id)

KEMENTERIAN  Pendidikan dan Kebudayaan memastikan proses redistribusi jumlah guru akan dimulai pada awal tahun 2018. Dengan demikian, pada tahun ajaran baru 2018/2019 yang biasanya dimulai setiap Juni-Juli, semua sekolah dari jenjang SD/SMP/SMA dan SMK sudah siap menggelar kegiatan belajar mengajar.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, jumlah guru yang akan diredistribusi sedang dihitung oleh dinas pendidikan provinsi, kota dan kabupaten. Menurut dia, guru yang terkena kebijakan tersebut diusahakan untuk pindah ke sekolah baru yang masih berada dalam satu zona.

Ia mengatakan, redistribusi berdasarkan zona sejalan dengan program prioritas pemerintah yang pada tahun ajaran 2017/2018 mulai menerapkan sistem zonasi. Baik dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Kalau satu zona sudah berlebih, maka harus pindah di luar zona. Kami juga harus memikirkan bahwa guru itu punya keluarga,” ujar Hamid kepada “PR”, di Jakarta, belum lama ini.

Kendati demikian, Hamid mengaku belum mendapat laporan resmi dari semua kepala dinas pendidikan provinsi berapa jumlah guru yang akan diredistribusi. Menurut dia, guru yang akan dipindahkan harus berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). “Ada berapa guru PNS yang direstribusi? belum ketahuan jumlahnya. Sesuai rencana, nanti awal tahun (2018) baru ada laporannya. Pemetaan guru PNS sangat penting karena untuk menghitung juga rasio kebutuhan guru honorer di setiap sekolah,” katanya.

Ketimpangan jumlah guru

Sebaran guru yang tidak merata memang mendapat perhatian khusus pemerintah pusat. Saat ini, mayoritas guru PNS menumpuk di pulau jawa. Berdasarkan catatan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), sebaran komposisi guru tertinggi berada di Jakarta mencapai 33.037 guru. Untuk komposisi sebaran guru terendah tingkat provinsi terletak di wilayah provinsi Kalimantan Utara dengan jumlah 1.116 guru.

BKN juga merilis ketimpangan kuantitas guru antara kota dan kabupaten juga sangat besar. Jumlah guru di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang mencapai 11.657 guru menjadi yang terbanyak se-Indonesia untuk tingkat Kabupaten/Kota, sedangkan Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, paling sedikit yakni 42 guru.

Hamid menyatakan, pemindahan tempat tugas merupakan salah satu konsekuensi aparatur sipil negara. Ia menegaskan, untuk membangun pendidikan berkualitas, sistem PPDB zonasi saja tidak cukup. Pemerintah mencanangkan membina satu sekolah di setiap zona untuk dijadikan percontohan sekolah berkualitas.

“Harus ada intervensi lanjutan yang di antaranya pembenahan distribusi guru. PNS itu harus bersedia ditempatkan di mana saja. Kalau menolak dipindahkan, ya silakan resign (mengundurkan diri) saja. Lebih jelasnya lagi mengenai teknis redistribusi guru ini akan dibahas secara khusus melalui rapat koordinasi dengan kepala dinas yang akan digelar dalam waktu dekat,” ucap Hamid.

Ia menyatakan, ketimpangan kualitas sekolah tak lepas dari peran guru. Menurut dia, saat ini, guru berprestasi menumpuk di beberapa sekolah favorit. Kondisi tersebut tidak baik untuk perkembangan pendidikan nasional. Pasalnya, akan terjadi kastanisasi sekolah. “Jika proses pemerataan kualitas pendidikan seperti ini tidak akan mengurangi kualitas siswa dan proses pembelajaran di sekolah-sekolah unggulan. Jangan lupa, redistribusi dan zonasi ini positifnya kita akan mendapat sekolah-sekolah berkualitas baru,” ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB-PGRI) Unifah Rosyidi menyatakan, program redistribusi guru harus direncanakan dengan matang dan tepat sasaran. Menurut dia, pemerintah juga harus menyediakan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kompetensi guru. “Melalui pelatihan-pelatihan itu yang harus dilakukan, bukan tiba-tiba dengan dilakukan uji kompetensi,” kata Unifah.(pikiran-rakyat.com)



from Siap Belajar http://ift.tt/2DN0G51
via IFTTT

guru honorer SM3T(psmk.kemdikbud.go.id)

KEMENTERIAN  Pendidikan dan Kebudayaan memastikan proses redistribusi jumlah guru akan dimulai pada awal tahun 2018. Dengan demikian, pada tahun ajaran baru 2018/2019 yang biasanya dimulai setiap Juni-Juli, semua sekolah dari jenjang SD/SMP/SMA dan SMK sudah siap menggelar kegiatan belajar mengajar.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, jumlah guru yang akan diredistribusi sedang dihitung oleh dinas pendidikan provinsi, kota dan kabupaten. Menurut dia, guru yang terkena kebijakan tersebut diusahakan untuk pindah ke sekolah baru yang masih berada dalam satu zona.

Ia mengatakan, redistribusi berdasarkan zona sejalan dengan program prioritas pemerintah yang pada tahun ajaran 2017/2018 mulai menerapkan sistem zonasi. Baik dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Kalau satu zona sudah berlebih, maka harus pindah di luar zona. Kami juga harus memikirkan bahwa guru itu punya keluarga,” ujar Hamid kepada “PR”, di Jakarta, belum lama ini.

Kendati demikian, Hamid mengaku belum mendapat laporan resmi dari semua kepala dinas pendidikan provinsi berapa jumlah guru yang akan diredistribusi. Menurut dia, guru yang akan dipindahkan harus berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). “Ada berapa guru PNS yang direstribusi? belum ketahuan jumlahnya. Sesuai rencana, nanti awal tahun (2018) baru ada laporannya. Pemetaan guru PNS sangat penting karena untuk menghitung juga rasio kebutuhan guru honorer di setiap sekolah,” katanya.

Ketimpangan jumlah guru

Sebaran guru yang tidak merata memang mendapat perhatian khusus pemerintah pusat. Saat ini, mayoritas guru PNS menumpuk di pulau jawa. Berdasarkan catatan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), sebaran komposisi guru tertinggi berada di Jakarta mencapai 33.037 guru. Untuk komposisi sebaran guru terendah tingkat provinsi terletak di wilayah provinsi Kalimantan Utara dengan jumlah 1.116 guru.

BKN juga merilis ketimpangan kuantitas guru antara kota dan kabupaten juga sangat besar. Jumlah guru di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang mencapai 11.657 guru menjadi yang terbanyak se-Indonesia untuk tingkat Kabupaten/Kota, sedangkan Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, paling sedikit yakni 42 guru.

Hamid menyatakan, pemindahan tempat tugas merupakan salah satu konsekuensi aparatur sipil negara. Ia menegaskan, untuk membangun pendidikan berkualitas, sistem PPDB zonasi saja tidak cukup. Pemerintah mencanangkan membina satu sekolah di setiap zona untuk dijadikan percontohan sekolah berkualitas.

“Harus ada intervensi lanjutan yang di antaranya pembenahan distribusi guru. PNS itu harus bersedia ditempatkan di mana saja. Kalau menolak dipindahkan, ya silakan resign (mengundurkan diri) saja. Lebih jelasnya lagi mengenai teknis redistribusi guru ini akan dibahas secara khusus melalui rapat koordinasi dengan kepala dinas yang akan digelar dalam waktu dekat,” ucap Hamid.

Ia menyatakan, ketimpangan kualitas sekolah tak lepas dari peran guru. Menurut dia, saat ini, guru berprestasi menumpuk di beberapa sekolah favorit. Kondisi tersebut tidak baik untuk perkembangan pendidikan nasional. Pasalnya, akan terjadi kastanisasi sekolah. “Jika proses pemerataan kualitas pendidikan seperti ini tidak akan mengurangi kualitas siswa dan proses pembelajaran di sekolah-sekolah unggulan. Jangan lupa, redistribusi dan zonasi ini positifnya kita akan mendapat sekolah-sekolah berkualitas baru,” ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB-PGRI) Unifah Rosyidi menyatakan, program redistribusi guru harus direncanakan dengan matang dan tepat sasaran. Menurut dia, pemerintah juga harus menyediakan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kompetensi guru. “Melalui pelatihan-pelatihan itu yang harus dilakukan, bukan tiba-tiba dengan dilakukan uji kompetensi,” kata Unifah.(pikiran-rakyat.com)



from Siap Belajar http://ift.tt/2DN0G51
via IFTTT

BAHASA INDONESIA TEACHER - YAY. BUDDHIS THERAVADA INDONESIA (NARADA SCHOOL)

Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber

MANDARIN TEACHER - YAY. BUDDHIS THERAVADA INDONESIA (NARADA SCHOOL)

Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber

MANDARIN TEACHER (TK - SMA) - BINA BAHASA MANDARIN

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 1 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 1 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber

ADMINISTRATION (JAKARTA) - BINA BAHASA MANDARIN

Lowongan - Rp3,000k - Rp4,000k, 1 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp4,000k, 1 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber

PE TEACHER FOR SECONDARY - PELANGI KASIH SCHOOL

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber

ART TEACHER FOR SECONDARY - PELANGI KASIH SCHOOL

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber

SOCIAL STUDIES OR PKN TEACHER FOR SECONDARY - PELANGI KASIH SCHOOL

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber

ASSISTANT PRE-SCHOOL TEACHER - Integrated Children's Academy

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber

PROJECT MANAGER SCHOLARSHIP - PROVISI MANDIRI PRATAMA, PT

Lowongan - Rp8,000k - Rp13,000k, 5 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp8,000k - Rp13,000k, 5 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber

PROJECT COORDINATOR - PROVISI MANDIRI PRATAMA, PT

Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber

TEACHER ASSISTANTS AND TEACHERS - YAY. BINA TUNAS CEMERLANG

Lowongan - Rp3,000k - Rp4,000k, 1 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp4,000k, 1 thn pengalaman, tayangkan pada 25 Dec 2017 07:08:00

kunjungi sumber

Minggu, 24 Desember 2017

Kemendikbud Targetkan UNBK SMA Capai 90 Persen pada 2018

UNBK

MENTERI  Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Muhadjir Effendy menyatakan, pada 2017, sekolah tingkat SMA dan SMK sudah mencapai 80 persen yang menggunakan sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Sedangkan tingkat SMP, baru 40 persen yang menggunakan sistem UNBK karena masih ada sekolah yang belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

Untuk itu, program UNBK ini terus digencarkan. Muhajdir mengatakan, pada 2018 mendatang, Kemendikbud menargetkan 90 persen tingkat SMA dan SMK dapat menggunakan sistem UNBK. Sementara 70 persen ditargetkan untuk sekolah tingkat SMP agar dapat menggunakan sistem UNBK.

Sehingga, pada 2018 Kemendikbud akan fokus pada penambahan fasilitas komputer. Muhadjir mengatakan, anggaran untuk pengadaan komputer kenaikannya tidak terlalu signifikan. “Oleh sebab itu saya berharap pengadaannya harus dilakukan secara gotong royong. Oleh Kemendikbud, pemerintah daerah, dan masyarakat melalui komite sekolah. Semua harus bergerak,” jelasnya.(republika.co.id)



from Siap Belajar http://ift.tt/2C2Hx10
via IFTTT

UNBK

MENTERI  Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Muhadjir Effendy menyatakan, pada 2017, sekolah tingkat SMA dan SMK sudah mencapai 80 persen yang menggunakan sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Sedangkan tingkat SMP, baru 40 persen yang menggunakan sistem UNBK karena masih ada sekolah yang belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

Untuk itu, program UNBK ini terus digencarkan. Muhajdir mengatakan, pada 2018 mendatang, Kemendikbud menargetkan 90 persen tingkat SMA dan SMK dapat menggunakan sistem UNBK. Sementara 70 persen ditargetkan untuk sekolah tingkat SMP agar dapat menggunakan sistem UNBK.

Sehingga, pada 2018 Kemendikbud akan fokus pada penambahan fasilitas komputer. Muhadjir mengatakan, anggaran untuk pengadaan komputer kenaikannya tidak terlalu signifikan. “Oleh sebab itu saya berharap pengadaannya harus dilakukan secara gotong royong. Oleh Kemendikbud, pemerintah daerah, dan masyarakat melalui komite sekolah. Semua harus bergerak,” jelasnya.(republika.co.id)



from Siap Belajar http://ift.tt/2C2Hx10
via IFTTT

TEACHERS (EARLY CHILDHOOD, ELEMENTARY & MIDDLE SCHOOL PROGRAM) - HIGHSCOPE

Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 1 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 1 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

WEB DEVELOPMENT / IT - IPH SCHOOLS

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

WEB DEVELOPMENT / IT - IPH SCHOOLS

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

FUN LEARNING TEACHERS AND ASSISTANT TEACHERS - MANIFESTA PERDANA, PT

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

CHEMISTRY TEACHER - IPH SCHOOLS

Lowongan - Rp2,500k - Rp4,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp2,500k - Rp4,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

SECONDARY TEACHER (for Junior and Senior High) - MUTIARA HARAPAN BANGSA, YAY

Lowongan - Rp2,500k - Rp3,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp2,500k - Rp3,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

TRAINER AND EVANGELIST - HIGHER LEARNING INTERNATIONAL, PT

Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

TENAGA PENDIDIK FAKULTAS KEDOKTERAN / DOSEN - UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA (UKI)

Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

TENAGA PENDIDIK MAGISTER TEKNIK ELEKTRO - UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA (UKI)

Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

KINDERGARTEN TEACHER

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

LOCAL PRIMARY SCIENCE TEACHER - MUTIARA HARAPAN ISLAMIC BILINGUAL SCHOOL

Lowongan - Rp2,500k - Rp3,000k, 1 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp2,500k - Rp3,000k, 1 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

TEACHERS - BINA BANGSA SCHOOL

Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 5 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 5 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

MANDARIN TEACHER (LAOSHI) FOR KINDERFIELD BSD - KINDERFIELD SCHOOL

Lowongan - Rp2,500k - Rp4,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp2,500k - Rp4,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

PRESCHOOL TEACHER - HANSEL & GRETEL PRE-SCHOOL

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

SECONDARY SCHOOL - INDIVIDUALS AND SOCIETIES) TEACHER (InS) - SEKOLAH VICTORY PLUS

Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

MANDARIN TEACHER FOR EARLY CHIDLHOOD EDUCATION - SEKOLAH VICTORY PLUS

Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

HISTORY TEACHER - SMK BUDI LUHUR

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

SENIOR HIGH TEACHERS - SMA - SMK BUDI LUHUR

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

TEACHERS: MULTI MEDIA AND BROADCASTING - SMK BUDI LUHUR

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:10:00

kunjungi sumber

GURU BIDANG STUDI SOSIOLOGI (CIKARANG) - INTERNATIONAL ISLAMIC EDUCATION COUNCIL, PT

Lowongan - Rp3,000k - Rp4,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:09:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp4,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 06:09:00

kunjungi sumber

BAHASA INDONESIA TEACHER FOR EXPATRIATES (WITH MOTORBIKE) - LANGUAGE STUDIES INDONESIA, PT

Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 03:08:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 24 Dec 2017 03:08:00

kunjungi sumber

Sabtu, 23 Desember 2017

Laporan Akhir Tahun Pendidikan 2017: Menyambut Revolusi Industri 4.0

Ilustrasi

ERA disrupsi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah mulai dirasakan di berbagai negara maju. Di antaranya pada sektor industri media massa berbasis cetak.

Laju penetrasi internet yang begitu masif menghasilkan beragam inovasi perangkat lunak berteknologi canggih yang memikat masyarakat. Mengakses informasi berupa berita kini tidak lagi harus dengan memegang puluhan lembar kertas berukuran besar. Walakin, pembaca cukup menggenggam telefon seluler pintar yang terkoneksi dengan internet.

Era disrupsi TIK bukan hanya bakal menggerus bisnis konvensional semacam media massa cetak, melainkan juga mengubah ekosistem dunia pendidikan, susunan baku lapangan pekerjaan, dan struktur interaksi antarmanusia.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi memperkirakan, datangnya disrupsi TIK ke dalam negeri bisa 5-10 tahun ke depan atau bahkan dimulai esok hari. Manfaat dan mudaratnya tidak bisa diukur secara pasti dan kapan akan terjadi. Yang jelas, era yang—oleh Kemenristekdikti—disebut Revolusi Industri 4.0 itu pasti datang ke Indonesia, cepat atau lambat.

”Contoh paling mudah yang sudah dirasakan dalam era disrupsi ini adalah perkuliahan tidak akan banyak secara tatap muka di kelas. Bisa melalui video conference, e-learning, dan distance learning. Kalau itu bisa dilakukan, perguruan tinggi harus mulai mencobanya. Ini yang harus kami lakukan, tetapi saya belum membuat regulasinya,” kata Menristekdikti Mohamad Nasir di Kantor BPPT, Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.

Ia mengatakan, dengan pola kuliah seperti itu, kurikulum pendidikan tinggi nasional tidak secara otomatis harus berubah.

Meskipun demikian, kompetensi para dosen sudah mutlak harus ditingkatkan. Pasalnya, kuliah e-learning akan mereduksi interaksi antara dosen dan mahasiswa.

Jika dosennya tidak mampu menjelaskan mata kuliah secara komperehensif dan jelas, mutu lulusan yang akan dipertaruhkan.

”Kompetensi dosen harus di-upgrade. Dosen yang tidak mau meng-upgrade diri pasti nanti ketinggalan,” tuturnya.

Direktur Jenderal Kelembagaan Kemenristekdikti Patdono Suwignjo menjelaskan, salah satu cara yang dilakukan Kemenristekdikti untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 adalah merevitalisasi 12 politeknik.

Kemenristekdikti juga sudah menyempurnakan regulasi yang melegitimasi pendidikan jarak jauh. ”Nanti kami akan tambah lagi aturan-aturan yang menyesuaikan dengan perkembangan implementasinya,” katanya.

Ia mengatakan, Revolusi Industri 4.0 akan banyak ”memakan korban”. Pekerjaan yang dulu bisa dilakukan secara manual, ke depannya bisa dilakukan oleh mesin. Di lain sisi, datangnya era disrupsi ini juga akan melahirkan banyak profesi dan lapangan pekerjaan baru, termasuk membuka pendirian program studi baru di semua kampus.(pikiran-rakyat.com)



from Siap Belajar http://ift.tt/2Bruqm9
via IFTTT

Ilustrasi

ERA disrupsi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah mulai dirasakan di berbagai negara maju. Di antaranya pada sektor industri media massa berbasis cetak.

Laju penetrasi internet yang begitu masif menghasilkan beragam inovasi perangkat lunak berteknologi canggih yang memikat masyarakat. Mengakses informasi berupa berita kini tidak lagi harus dengan memegang puluhan lembar kertas berukuran besar. Walakin, pembaca cukup menggenggam telefon seluler pintar yang terkoneksi dengan internet.

Era disrupsi TIK bukan hanya bakal menggerus bisnis konvensional semacam media massa cetak, melainkan juga mengubah ekosistem dunia pendidikan, susunan baku lapangan pekerjaan, dan struktur interaksi antarmanusia.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi memperkirakan, datangnya disrupsi TIK ke dalam negeri bisa 5-10 tahun ke depan atau bahkan dimulai esok hari. Manfaat dan mudaratnya tidak bisa diukur secara pasti dan kapan akan terjadi. Yang jelas, era yang—oleh Kemenristekdikti—disebut Revolusi Industri 4.0 itu pasti datang ke Indonesia, cepat atau lambat.

”Contoh paling mudah yang sudah dirasakan dalam era disrupsi ini adalah perkuliahan tidak akan banyak secara tatap muka di kelas. Bisa melalui video conference, e-learning, dan distance learning. Kalau itu bisa dilakukan, perguruan tinggi harus mulai mencobanya. Ini yang harus kami lakukan, tetapi saya belum membuat regulasinya,” kata Menristekdikti Mohamad Nasir di Kantor BPPT, Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.

Ia mengatakan, dengan pola kuliah seperti itu, kurikulum pendidikan tinggi nasional tidak secara otomatis harus berubah.

Meskipun demikian, kompetensi para dosen sudah mutlak harus ditingkatkan. Pasalnya, kuliah e-learning akan mereduksi interaksi antara dosen dan mahasiswa.

Jika dosennya tidak mampu menjelaskan mata kuliah secara komperehensif dan jelas, mutu lulusan yang akan dipertaruhkan.

”Kompetensi dosen harus di-upgrade. Dosen yang tidak mau meng-upgrade diri pasti nanti ketinggalan,” tuturnya.

Direktur Jenderal Kelembagaan Kemenristekdikti Patdono Suwignjo menjelaskan, salah satu cara yang dilakukan Kemenristekdikti untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 adalah merevitalisasi 12 politeknik.

Kemenristekdikti juga sudah menyempurnakan regulasi yang melegitimasi pendidikan jarak jauh. ”Nanti kami akan tambah lagi aturan-aturan yang menyesuaikan dengan perkembangan implementasinya,” katanya.

Ia mengatakan, Revolusi Industri 4.0 akan banyak ”memakan korban”. Pekerjaan yang dulu bisa dilakukan secara manual, ke depannya bisa dilakukan oleh mesin. Di lain sisi, datangnya era disrupsi ini juga akan melahirkan banyak profesi dan lapangan pekerjaan baru, termasuk membuka pendirian program studi baru di semua kampus.(pikiran-rakyat.com)



from Siap Belajar http://ift.tt/2Bruqm9
via IFTTT

Utamakan Bahasa Indonesia Ketimbang Bahasa Asing

Kamus Besar Bahasa Indonesia(republika.co.id)

KEPALA Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dadang Suhendar meminta agar masyarakat mengutamakan Bahasa Indonesia dalam penggunaan di berbagai hal dan tidak juga harus menguasai bahasa asing.

Dadang di Jakarta, Rabu (20/12) mengatakan anjuran tersebut tercantum dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

“Kami dari Badan Bahasa tidak antibahasa asing karena intisari dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 utamakan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing. Kita perintahkan juga untukk kuasai bahasa asing,” kata Dadang.

Dia menyebutkan penggunaan bahasa asing di kota-kota besar, terutama di Jakarta, masih merajalela. Dadang menegaskan, masyarakat harus menguasai bahasa asing namun jangan sampai tertukar dengan pengutamaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dalam penggunaan sehari-hari.

Tidak hanya pada percakapan, Dadang menyebut penggunaan bahasa asing juga masih digunakan pada hal lain misalnya penyebutan istilah transportasi.

Dadang mengungkapkan bahwa Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah memperjuangkan memberi nama Simpang Susun Semanggi menggunakan bahasa Indonesia.

Selain itu, Badan Bahasa juga mengusulkan nama kereta layang yang menjadi salah satu transportasi ke Bandara Soekarno-Hatta namanya diubah dari Sky Train menjadi Kalayang, akronim Kereta Api Layang.

Penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik juga telah diakomodasi oleh PT Angkasa Pura II yang diterapkan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada penunjuk jalan atau tempat. “Kedaulatan bahasa itu harus betul-betul dirasakan masyarakat. Bahasa Indonesia harus jadi tuan rumah di negaranya sendiri,” kata Dadang.(republika.co.id)



from Siap Belajar http://ift.tt/2l3g4BO
via IFTTT

Kamus Besar Bahasa Indonesia(republika.co.id)

KEPALA Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dadang Suhendar meminta agar masyarakat mengutamakan Bahasa Indonesia dalam penggunaan di berbagai hal dan tidak juga harus menguasai bahasa asing.

Dadang di Jakarta, Rabu (20/12) mengatakan anjuran tersebut tercantum dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

“Kami dari Badan Bahasa tidak antibahasa asing karena intisari dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 utamakan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing. Kita perintahkan juga untukk kuasai bahasa asing,” kata Dadang.

Dia menyebutkan penggunaan bahasa asing di kota-kota besar, terutama di Jakarta, masih merajalela. Dadang menegaskan, masyarakat harus menguasai bahasa asing namun jangan sampai tertukar dengan pengutamaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dalam penggunaan sehari-hari.

Tidak hanya pada percakapan, Dadang menyebut penggunaan bahasa asing juga masih digunakan pada hal lain misalnya penyebutan istilah transportasi.

Dadang mengungkapkan bahwa Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah memperjuangkan memberi nama Simpang Susun Semanggi menggunakan bahasa Indonesia.

Selain itu, Badan Bahasa juga mengusulkan nama kereta layang yang menjadi salah satu transportasi ke Bandara Soekarno-Hatta namanya diubah dari Sky Train menjadi Kalayang, akronim Kereta Api Layang.

Penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik juga telah diakomodasi oleh PT Angkasa Pura II yang diterapkan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada penunjuk jalan atau tempat. “Kedaulatan bahasa itu harus betul-betul dirasakan masyarakat. Bahasa Indonesia harus jadi tuan rumah di negaranya sendiri,” kata Dadang.(republika.co.id)



from Siap Belajar http://ift.tt/2l3g4BO
via IFTTT

Kemendikbud Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2017

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) meraih peringkat sembilan pada Penganugerahan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2017 kategori Kementerian. Sebanyak 27 Kementerian berpartisipasi dalam Pemeringkatan KIP 2017 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) RI.

Anugerah itu diserahkan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla, kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud, Daryanto, di Istana Wapres RI, Jakarta, Kamis (21/12/2017). Selain kategori Kementerian terdapat juga beberapa kategori lainnya, yakni Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Badan Usaha Milik Negara, Partai Politik, serta Perguruan Tinggi Negeri.

Wapres Jusuf Kalla menyampaikan, sebelum masyarakat menerima informasi yang keliru tentang badan publik bahkan hingga tersebar luas maka akan lebih baik badan publik membuka informasinya kepada publik lebih dahulu.

“Keterbukaan informasi itu tentu penting. Pemerintah, lembaga, (dan badan publik lainnya,-) harus menyiapkan informasi yang baik, memberikan informasi yang akurat dan akuntabilitasnya dapat diperiksa kita semua,” ujarnya.

Senada hal itu, Inspektur Jenderal Kemendikbud, Daryanto mengatakan, keterbukaan informasi itu menjadi keniscayaan sebuah instansi dalam hal pelayanan publik saat ini hingga masa mendatang.

“Kita bersyukur Kemendikbud masuk 10 besar Kementerian yang memberikan layanan informasi terbaik bagi publik. Diharapkan tahun depan menjadi lebih baik lagi layanannya di seluruh lini,” ujar Daryanto usai menerima penghargaan tersebut.

Pemeringkatan KIP yang diselenggarakan oleh KI Pusat ini terdiri dari beberapa tahapan. Tahap itu meliputi tahap penilaian pribadi melalui pertanyaan atau self assessment question, tahap penilaian melalui laman badan publik, tahap verifikasi lanjutan acak, dan terakhir tahap visitasi langsung ke badan publik.

Pada tahun ini, peringkat teratas Pemeringkatan KIP 2017 kategori Kementerian diraih oleh Kementerian Keuangan. Peringkat selanjutnya hingga ke-10 diraih oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kemendikbud, serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.(kemdikbud.go.id)



from Siap Belajar http://ift.tt/2DCCvWI
via IFTTT

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) meraih peringkat sembilan pada Penganugerahan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2017 kategori Kementerian. Sebanyak 27 Kementerian berpartisipasi dalam Pemeringkatan KIP 2017 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) RI.

Anugerah itu diserahkan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla, kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud, Daryanto, di Istana Wapres RI, Jakarta, Kamis (21/12/2017). Selain kategori Kementerian terdapat juga beberapa kategori lainnya, yakni Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Badan Usaha Milik Negara, Partai Politik, serta Perguruan Tinggi Negeri.

Wapres Jusuf Kalla menyampaikan, sebelum masyarakat menerima informasi yang keliru tentang badan publik bahkan hingga tersebar luas maka akan lebih baik badan publik membuka informasinya kepada publik lebih dahulu.

“Keterbukaan informasi itu tentu penting. Pemerintah, lembaga, (dan badan publik lainnya,-) harus menyiapkan informasi yang baik, memberikan informasi yang akurat dan akuntabilitasnya dapat diperiksa kita semua,” ujarnya.

Senada hal itu, Inspektur Jenderal Kemendikbud, Daryanto mengatakan, keterbukaan informasi itu menjadi keniscayaan sebuah instansi dalam hal pelayanan publik saat ini hingga masa mendatang.

“Kita bersyukur Kemendikbud masuk 10 besar Kementerian yang memberikan layanan informasi terbaik bagi publik. Diharapkan tahun depan menjadi lebih baik lagi layanannya di seluruh lini,” ujar Daryanto usai menerima penghargaan tersebut.

Pemeringkatan KIP yang diselenggarakan oleh KI Pusat ini terdiri dari beberapa tahapan. Tahap itu meliputi tahap penilaian pribadi melalui pertanyaan atau self assessment question, tahap penilaian melalui laman badan publik, tahap verifikasi lanjutan acak, dan terakhir tahap visitasi langsung ke badan publik.

Pada tahun ini, peringkat teratas Pemeringkatan KIP 2017 kategori Kementerian diraih oleh Kementerian Keuangan. Peringkat selanjutnya hingga ke-10 diraih oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kemendikbud, serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.(kemdikbud.go.id)



from Siap Belajar http://ift.tt/2DCCvWI
via IFTTT

COMPUTING EDUCATORS FOR CHILDREN (FULL-TIME / PART-TIME) - CodingBee Academy

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:18:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:18:00

kunjungi sumber

TEACHERS (EARLY CHILDHOOD, ELEMENTARY & MIDDLE SCHOOL PROGRAM) - HIGHSCOPE

Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 1 thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:18:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 1 thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:18:00

kunjungi sumber

TEACHER OF ENGLISH ADULTS - BRITISH COUNCIL INDONESIA FOUNDATION

Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:18:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:18:00

kunjungi sumber

LEARNING SUPPORT TEACHER / IEP COORDINATOR - SEKOLAH PERKUMPULAN MANDIRI (SPM)

Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp3,000k - Rp5,000k, 2 thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber

WALK IN INTERVIEW - SECONDARY TEACHER (for Junior and Senior High) - MUTIARA HARAPAN BANGSA, YAY

Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber

WALK IN INTERVIEW - SECONDARY TEACHER (for Junior and Senior High) - MUTIARA HARAPAN BANGSA, YAY

Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp5,000k - Rp8,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber

LECTURER IN COMPUTER ENGINEERING - INSTITUT TEKNOLOGI DEL

Lowongan - Rp8,000k - Rp13,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp8,000k - Rp13,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber

LECTURER IN INFORMATICS ENGINEERING - INSTITUT TEKNOLOGI DEL

Lowongan - Rp8,000k - Rp13,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp8,000k - Rp13,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber

LECTURER IN BIOPROCESS ENGINEERING - INSTITUT TEKNOLOGI DEL

Lowongan - Rp8,000k - Rp13,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp8,000k - Rp13,000k, N/A thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber

FULL TIME ICT TEACHER - BINA TUNAS BANGSA PLUIT

Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber
Lowongan - Rp4,000k - Rp6,000k, 3 thn pengalaman, tayangkan pada 23 Dec 2017 05:17:00

kunjungi sumber